Sinarmas Land Bakal Bangun Hunian TOD

Pemerintah berpendapat bahwa pembangunan rumah berbasis transit atau TOD tidak pernah dimonopoli oleh perusahaan milik negara (BUMN). BUMN memiliki tugas untuk mengembangkan TOD dengan harapan menarik minat swasta. Kami terbuka untuk sektor swasta untuk berpartisipasi, salah satunya adalah Sinar Mas Land, yang telah menyatakan minatnya, kata Direktur Jenderal Pasokan Perumahan di Kementerian PUPR, Khalawi Abdul Hamid beberapa waktu lalu.

Menurut dia, pengembang perkotaan dalam penargetan perkotaan harus mengembangkan lokasi yang berbeda sebagai daerah perumahan TOD. Namun Khalawi enggan mengungkapkan lokasi di mana-mana. Sinar mas memiliki beberapa lokasi strategis yang pertama akan dibahas dengan Departemen Perhubungan, katanya. Direktur Tanah Sinar mas Dhonie Rahajoe mengkonfirmasi rencana perumahan TOD. Sejauh ini, hanya satu proyek TOD yang telah dikembangkan. Itulah yang ingin kami bangun di dekat rumah murah di Stasiun Rawabuntu, kata Dhonie. Berkenaan dengan rumah yang akan dibangun, akan ada sekitar 1.600 unit. Sejauh menyangkut tanah, ia mengakui, ia menyerahkan masalah itu kepada manajer transportasi. Karena bumi sudah padat, bukankah negara kita ada? Sudah dibagikan dengan manajer transportasi, lengkapi Dhonie.

Rencana pengembangan proyek jalan raya terpadu untuk wilayah Tangerang selatan masih dibahas antara PT MRT Jakarta dan pemerintah pusat dan Badan Manajemen Transportasi Jabodetabek (BPTJ). Seorang investor yang tertarik untuk mengembangkan rute MRT ke wilayah tersebut, PT Sinar mas Land, berharap diskusi dapat merumuskan hasil dengan segera. Belum lagi proses studi kelayakan yang dilakukan oleh PT Jakarta MRT untuk menilai tingkat kelayakan perluasan saluran. Dalam hal ini, PT Jakarta MRT telah ditugaskan oleh BPTJ untuk mengimplementasikannya. Studi kelayakan yang belum selesai tidak memberikan kepastian untuk rute yang akan diikuti MRT. Dhonie menambahkan bahwa Sinar mas mendukung pengembangan proyek karena sejalan dengan visi mengembangkan skala perkotaan yang terintegrasi dengan transportasi umum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *